Berita & Media

SIARAN PERS

Memasuki usia 102 Tahun, Bumiputera LuncurkanTiga Produk & Dua Saluran Distribusi


HUT ke-102 Tahun AJB BUMIPUTERA 1912

Jakarta (12/2)- Pasar asuransi jiwa Indonesia semakin marak dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi jiwa yang berkecimpung dan juga memiliki beragam produk. Masyarakat Indonesia memiliki pilihan cukup banyak disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 yang berusia 102 tahun di 12 Februari 2014 ini, meluncurkan tiga produk sekaligus untuk perorangan, group/kumpulan dan juga asuransi jiwa syariah, sekaligus meluncurkan
dua saluran distribusi baru.

"Di usia 102 tahun ini, Bumiputera memiliki visi "Menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Terpercaya dan Terkemuka di Indonesia". Untuk itu di hari bersejarah ini, kami luncurkan 3 produk di tiga lini bisnis yang kami miliki, serta untuk meningkatkan penetrasi pasar, maka kami juga membuat 2 saluran distribusi baru," ujar Madjdi Ali - Direktur Utama AJB Bumiputera 1912.

"Ketiga produk ini memiliki segmen masing-masing," ujar Mohammad Irsyad - Direktur Teknik dan Aktuaria AJB Bumiputera 1912. MITRA ASRI (Asuransi Rakyat Indonesia) merupakan salah satu produk asuransi mikro Bumiputera, yang ditujukan untuk perlindungan keluarga dengan premi hanya Rp 50ribu - Rp 250ribu per tahunnya. Sedangkan produk MITRA TANI IDAMAN ditujukan untuk perlindungan para petani perkebunan agar dapat melangsungkan usaha perkebunannya yaitu dengan merencanakan peremajaan tanaman perkebunannya. Produk ketiga yaitu MITRA AMANAH, didesain memberikan perlindungan jiwa sekaligus memiliki fasilitas investasi sesuai prinsip syariah.

Sedangkan dua saluran distribusi yang diluncurkan, adalah saluran distribusi melalui perbankan (Bancassurance) dan juga keberadaan cabang prioritas. Kedua saluran ini akan memperkuat armada pemasaran yang dimiliki Bumiputera saat ini, yaitu lebih dari 400 kantor pelayanan, lebih dari 26 ribu agen. Bancassurance yang telah berjalan selama ini dengan bekerjasama Bank Pembangunan Daerah (BPD), yaitu melindungi nasabah perkreditan BPD. Ke depan kerjasama ini akan terus ditingkatkan dari sisi produk maupun jumlah bank yang akan diajak bekerjasama. "Tiga produk teranyar ini kami jadikan hadiah istimewa di hari HUT Asuransi BUMIPUTERA bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki perlindungan masa depan mereka melalui asuransi," ujar Madjdi.

MITRA AMANAH
Program Mitra Amanah memiliki berbagai keunggulan dan juga manfaat investasi berbasis syariah, serta juga menawarkan manfaat tambahan (rider). Seperti, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 100 PERSEN, mengganti biaya harian rawat inap rumah sakit, santunan bebas kontribusi akibat 53 penyakit kritis, serta santunan bebas kontribusi akibat cacat tetap total karena penyakit, dan cacat tetap total karena kecelakaan.

MITRA AMANAH memiliki banyak pilihan cara membayar kontribusi (premi), yakni bulanan, triwulanan, semesteran, tahunan, ataupun tunggal sehingga nasabah dapat menentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Adapun besaran premi terendah yang ditetapkan adalah sebesar Rp 2 juta per tahun.

MITRA TANI IDAMAN
Produk ini merupakan kepedulian Bumiputera kepada para petani perkebunan untuk membantu mengelola keuangan guna penyediaan dana peremajaan tanaman perkebunan ketika tanaman telah melewati masa usia produktif. Program bertajuk "Dana Peremajaan Tanah Perkebunan" ini juga dirancang khusus untuk santunan meninggal dunia jika pemegang polis meninggal dunia dalam masa asuransi. Besaran maksimal paket dana peremajaan perkebunan yang ditawarkan dalam produk asuransi ini sebesar Rp 10 juta dengan jangka waktu kontrak selama 10 tahun. Untuk santunan meninggal dunia selama masa asuransi, ahli waris akan diberikan sebesar 10% x uang pertanggungan ditambah dengan nilai tunai saat peserta meninggal dunia, dan selanjutnya bebas premi. Adapun dana peremajaan perkebunannya akan diberikan sebesar 100 % x uang pertanggungan pada saat kontrak berakhir.

MITRA ASRI
Program MITRA ASRI merupakan salah satu produk asuransi Mikro yang dimiliki Bumiputera. Dengan desain khusus, maka hanya dengan satu polis dapat mencakup perlindungan (santunan) seluruh anggota keluarga (ayah, ibu, anak) dengan paket premi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan keluarga tersebut.

Program MITRA ASRI menyuguhkan dua paket pilihan asuransi, yakni paket dengan besaran santunan yang sama bagi seluruh anggota keluarga dan paket dengan besaran berbeda tiap anggota keluarga. Tiap keluarga hanya akan membayarkan sejumlah premi berkisar Rp 50 ribu - Rp 250 ribu per tahun.

"Produk ini memberikan solusi ketika ada anggota keluarga yang meninggal dunia dan perlu biaya pemakaman atau biaya lain yang terkait dengan orang yang meninggal. Semua orang berharap untuk panjang umur, namun kita tidak pernah dapat bisa memprediksi usia seseorang termasuk diri kita sendiri," tutup Irsyad.***

 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas