Berita & Media

SIARAN PERS

Menjadi Market Leader Jelang Satu Abad


Bumiputera yang berusia genap 99 tahun pada 12 Februari 2011 lalu, mentargetkan akan kembali menjadi market leader menjelang usianya yang 1 abad tahun 2012 nanti.

Jakarta, 14 Februari 2011

Bumiputera yang berusia genap 99 tahun pada 12 Februari 2011 lalu, mentargetkan akan kembali menjadi market leader menjelang usianya yang 1 abad tahun 2012 nanti. Hal itu disampaikan Direktur Utama AJB Bumiputera 1912, Dirman Pardosi pada resepsi perayaan HUT ke-99 Bumiputera di Hotel Sahid, Jakarta (14/2).

"Kami telah melakukan berbagai program mulai dari restrukturisasi organisasi, hingga restrukturisasi keuangan melalui mekanisme reasuransi," jelas Dirman. Dengan mekanisme reasuransi yang telah dilakukan, maka berdasarkan data sementara (un-audited) Bumiputera per Desember 2010 tingkat solvabilitas (RBC) berada pada kisaran 125% dan perimbangan Asset investasi terhadap kewajiban kurang lebih 104%.

Pola ini dijalankan secara simultan dengan perubahan dalam strategi bisnis antara lain: Penerapan GCG, efisiensi, efektifitas manajemen, produktivitas pemasaran dan optimalisasi pengelolaan investasi serta perbaikan dalam teknologi informasi. "Dengan demikian pola reasuransi menjadi satu paket dengan pola operasional yang pada akhirnya akan membuat Bumiputera menjadi perusahaan yang kuat, sehat dan menguntungkan bagi seluruh pemegang polis," jelas Dirman.

Bumiputera tahun 2010 lalu meraih pendapatan premi sebesar Rp 4,9 triliun. Dan pada tahun 2011 ini mentargetkan pertumbuhan premi sebesar 28% dibandingkan tahun 2010, menjadi sebesar Rp 6,2triliun. Sedangkan untuk pembayaran kewajiban klaim sebesar Rp 4,19 triliun. Anggaran ini naik 11,9%.dari realisasi pada tahun 2010 sebesar Rp 3,7 triliun. "Selain itu, tentunya efisiensi dan intensifikasi target pasar menjadi target utama kami," kata Dirman.

Eksistensi
Pada 8 Februari 2011 lalu, Bumiputera menerima Top Brand Award 2011, untuk kategori asuransi jiwa di Hotel Mulia, Jakarta (8/2). Sejak pertama kali digelar oleh majalah Marketing dan Frontier Consulting group, pada tahun 2007, Bumiputera telah lima kali menerima Top Brand. Top Brand merupakan hasil survey yang dilakukan di enam kota besar Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar. Melibatkan 2400 responden random, 1200 sample booster. Kriteria responden general adalah pria dan wanita usia antara 15-65 tahun, dengan tingkat pengeluaran Rp.750 ribu hingga lebih dari Rp.3,45 juta per bulan. Top Brand Award diberikan kepada merek-merek di dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua criteria, pertama: Merek-merek yang memperoleh Top Brand Index maksimum sebesar 10%, dan kedua; Merek-merek yang menurut hasil survey berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya. Dan kedua kriteria ini harus dipenuhi agar sebuah merek berhak menyandang predikat "Top Brand".

"Penghargaan ini merupakan apresiasi dari masyarakat bahwa Bumiputera masih berada di Top of Mind mereka. Kami ucapkan terimakasih kepada pemegang polis, pemerintah dan rakyat Indonesia yang telah berjuang bersama-sama demi kesejahteraan rakyat Indonesia melalui Bumiputera. Untukmu Indonesia, kami persembahkan Bumiputera," pungkas Dirman. ***


 

Kembali ke halaman sebelumnya

 

Kembali ke atas